4 Pondok Pesantren Tahfidz Putra & Putri Terbaik di Jawa Timur dan Madura

Halo para orangtua yang sedang mencari info tentang pondok pesantren tahfidz. Sulit banget ya menentukan dan memilih pesantren tahfidz untuk putranya? Padahal gak sedikit lho jumlah pondok pesantren tahfidz putra dan putri di jawa timur.

Kali ini pesantrentahfidz.com akan mengulas beberapa pesantren tahfidz terbaik di jawa timur. Sebelumnya, apa sih parameter terbaik bagi kita? Tentu saja beda orang beda pandangan ya. Sengaja kami ulas pondok tahfidz yang masih jarang terdengar. Tapi sebenarnya punya kualitas yang sangat baik.

Nah, kalau jika nanti ulasan kami tentang pesantren tahfidz tidak sesuai dengan bapak ibu, tinggalkan di kolom komentar ya?

Pondok Pesantren Tahfidz Putra Putri Terbaik di Jawa Timur

  • Pondok Tahfidz Putri Darul Madinah Madiun

Yang pertama adalah pondok pesantren tahfidz putri Darul Madinah Madiun. Di pondok pesantren ini, sementara hanya menerima santri putri. Jenjangnya mulai SMP dan MA. Agak sedikit beda. Karena untuk jenjang SMP induk ke Diknas. MA induk ke Depag. Tapi tidak masalah. Karena focus di pesantren tahfidz putri di Jawa Timur ini adalah tahfidz Quran.

Lokasi jenjang SMP ada di Jalan Mulya Bhakti Kota Madiun. Sedang jenjang MA ada di Kabupaten Madiun. Tepatnya di Kecamatan Jiwan.

Biayanya terjangkau. Sudah banyak yang lulus dari pesantren tahfidz putri ini. Sudah banyak juga yang sudah mendapatkan hafalan 30 juz. Mungkin bapak ibu tertarik.

Yang kedua adalah pondok pesantren tahfidz putra Luqman al Hakim Surabaya. Terdengar asing, pondok tahfidz ada di kota Surabaya. Kini Surabaya tidak hanya identic dengan metropolis yang hedonis. Pondok tahfidz ini menjadi penyeimbang.

Terdapat jenjang SMP dan SMA Tahfidz. Berdiri sejak tahun 1994. Namun sejak berdirinya belum focus pada pendalaman tahfidz. Kedua jenjang induk ke Diknas.

SMP tahfidz Quran Luqman al Hakim Surabaya berada di wilayah Surabaya timur. Bersebalahan lansung dengan kampus ITS Surabaya. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan. Didepan persis pintu masuk perumahan terbesar di Surabaya timur. Pakuwon City.

Mendatangkan Syeikh dari Yaman menjadi daya Tarik tersendiri bersekolah dan menimba ilmu Al Quran di SMP Tahfidz Luqman al Hakim Surabaya. Tidak hanya penguasaan hafalan Quran, Bahasa Arab otomatis didapatkan jika mondok di pesantren tahfidz terbaik di Surabaya ini.

Biayanya cukup terjangkau. Mungkin mahal jika dibandingkan mondok diluar kota Surabaya. Tapi dari sisi kualitas biaya mondok di tempat ini sangat terjangkau.

Pendidikan formal masih tetap didapatkan. Sekolah formal satu hari dalam satu minggu. Selebihnya hafalan. Tidak perlu risau tentang ijazah. Tetap mendapatkan ijazah dari Diknas.

Lokasi SMP Tahfidz Luqman al Hakim Surabaya ada di Jalan Kejawan Putih Tambak VI Mulyorejo Surabaya. Persis kalau mau masuk ke perumahan pakuwon City. Tertulis nama besar pesantren Hidayatullah Surabaya. Silakan jika berminat. Saya ada kontak adminnya.

Ustadz Insan Mustofa 0857.4016.5374

  • Pondok Tahfidz Putra Al Amien Prenduan Sumenep

Yang ketiga adalah pondok pesantren tahfidz putra Al Amien Prenduan Sumenep Madura. Nama besar pesantren Al Amien Prenduan tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Pondok pesantren yang mirip pendidikannya dengan Gontor ini memiliki ribuan santri dari berbagai wilayah Indonesia.

Memiliki program tahfidz jenjang SMP. Sudah banyak yang memiliki hafalan 30 juz. Pesantren ini tidak hanya cukup dikenal. Tapi memang sangat terkenal. Tidak perlu lagi kami bahas panjang. Anda pun sudah tahu banyak bagaimana sepak terjang mereka dalam mengelola pesantren.

  • Pondok Tahfidz Manbaul Quran Porong Sidoarjo

Pondok Pesantren Manba’ul Quran Porong merupakan gabungan sekolah dasar Hafiz Al Quran dan lembaga pendidikan tahfiz Al Quran. Ponpes yang berlokasi di Dusun Gempol Sampurno, Kelurahan Porong, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan bagian dari Yayasan Manbaul Qur’an. Ponpes ini telah berdiri sejak tahun 2016.

Pondok Pesantren Manba’ul Quran bukanlah ponpes yang besar dan favorit. Namun demikian, banyak orang tua yang berasal di sekitar Desa Porong memercayakan dan menitipkan anak mereka untuk belajar dan dididik sebagai penghafal Al Quran. Hampir rata-rata santri ponpes ini berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Leave a Comment