7 Cara Menghafal Al Quran dengan Cepat

  • Niat Ikhlas

7 Cara Menghafal Al Quran degan Cepat – Tata niat terlebih dahulu sebelum memutuskan menghafal. Apakah anda menghafal karena ingin dikatakan sebagai seorang hafidz, atau bagaimana? Karena pahala seseorang terhitung karena niatnya. Niatkan ikhlas karena ingin mendapatkan ridho Allah SWT.

Beberapa penghafal Quran merasakan kesulitan menghafal karena tidak menata niat dengan baik. Sehingga akan mengalami kesulitan yang cukup. Sehingga target hafalannya tidak tercapai. Sekali lagi lurus niat dalam proses menghafal Quran mengurangi cepat tidaknya menghafal. Serta mempengaruhi nilai pahala dari Allah SWT.

  • Mulai dari Sekarang

Tidak ada waktu yang pas untuk menghafal Al Quran kecuali dimulai dari sekarang. Banyak orang menunda waktu menghafal sehingga akibatnya tiba tiba daya ingatnya sudah menurun. Meskipun menurunnya ingatan tidak menghalangi orang untuk menghafal Al Quran.

  • Baca Berulang Ulang

Sudah menjadi rumus baku metode membaca berulang ulang mempercepat proses hafalan. Misalnya dalam satu hari memiliki target 5 ayat. Maka proses pengulangan bacaan ayat akan mempengaruhi cepat tidaknya hafalan. Bacalah berulang ulang, maka hafalan akan tertancap dengan kuat. Bisa karena terbiasa.

  • Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf

Hindari berganti ganti cetakan mushaf. Sering berganti mushaf memperlambat cepat tidaknya menghafal Quran. Kemudian gunakan cetakan mushaf yang konsisten hurufnya. Semakin konsisten hurufnya, maka akan memudahkan memori menangkap hafalan.

  • Menyetor Hafalan kepada Qori yang Lebih Mahir

Jangan merasa bagus bacaan yang kita miliki. Karena sangat banyak yang lebih bagus daripada kita. Upayakan selalu menyetor hafalan kepada yang lebih ahli. Seperti kepada imam masjid yang bagus bacaannya. Kepada ustadz yang mahir bacaan sesuai makhraj dan tajwid.

Setorkan minimal satu atau dua ayat dalam sehari. Setoran hafalan tidak harus dalam jumlah banyak. Semakin sering menyetorkan hafalan akan menambah motivasi dalam menambah jumlah hafalan.

  • Mengulang Hafalan Saat Sholat

Manfaatkan waktu sebelum dan sesudah sholat untuk mengulang hafalan. Waktu itu waktu terbaik untuk memurajaah hafalan yang kita miliki. Bila perlu ulangi hafalan kita saat sholat tahajjud. Bacalah beberapa ayat panjang yang anda miliki. Maka hafalan akan lebih awet di otak anda.

  • Banyak Berdoa

Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha Cara Menghafal Al-Qur’an, Allah yang menentukan dengan kehendaknya. Karena itu, perbanyaklah doa memohon kekuatan hafalan. Gunakan waktu-waktu doa mustajab untuk memohon agar Allah memberikan anda semagat dan kemudahan dalam menghafal kitabNya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *