smp_boarding_school_di_surabaya_jawa_timur-1

9 Daftar Pondok Pesantren di Surabaya

  1. Pondok Pesantren Al Fitrah Kedinding
    Pondok pesantren Al Fitrah adalah pesantren tertua di Surabaya. Letaknya di Kalikedinding Surabaya. Dekat Surabaya. Muridnya ribuan. Dari berbagai wilayah Jawa dan Luar Jawa. KH Asorori adalah salah satu pendiri yang sangat disegani. Memiliki jamaah ribuan jamaah solawat.
  2. Pondok Pesantren Al Huda Nyamplungan
    Pondok Pesantren Al Huda adalah pesantren besutan KH. Abdurrahman Navis. Beliau adalah salah satu pengurus di MUI dan Nahdatul Ulama Jawa Timur. Pesantren ini memiliki banyak santri. Sudah memiliki beberapa lembaga pendidikan formal. Dekat dengan Masjid Sunan Ampel.
  3. Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya
    Pondok Pesantren Hidayatullah mungkin jadi pesantren di Surabaya yang paling berbeda. Biasanya pesantren didirikan oleh seorang kyai. Pesantren di Surabaya timur ini justru didirikan oleh para mahasiswa Surabaya. Tergerak oleh perilaku sosial yang sudah tidak terkendali, para mahasiswa
    ITS, Unair, Unesa dan beberapa kampus Surabaya lainnya mendirikan pesantren di daerah Kejawan Putih Tambak.
    Sekarang sudah berdiri lembaga pendidikan mulai penitipan anak (day care), KB TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Yang terbaru merintis program tahfidz Quran setara SMP dan SMA. Tak tanggung mendatangkan tenaga pengajar dari Timur Tengah menjadi daya tarik masyarakat serta menjaga kualitas.
    Dianggap sebagai pondok pesantren mahal, karena biaya masuk di pesantren terhijau dan terbersih di Surabaya ini (penghargaan dari Pemkot Surabaya) kisaran 30 jutaan. Namun sebanding dengan tenaga pengajar, prestasi serta fasilitas yang ditawarkan oleh pondok pesantren Hidayatullah Surabaya.
    Yang menarik lagi, ketika di ketik dilaman google dengan kata “Pondok Pesantren Terbaik di Surabaya” websitenya muncul di halaman pertama. Artinya, pengurusnya sudah memanfaatkan digital untuk mengenalkan dan promosi kegiatan di pondok pesantren. Muridnya tidak banyak untuk yang boarding school. Namun jika dijumlah total seluruh siswanya. Sekira 2000 anak.
  4. Pondok Pesantren Tahfidz Luqman al Hakim Surabaya
    Pondok Pesantren Tahfidz Luqman al Hakim termasuk pondok pesantren baru di Surabaya. Kami ulas di artikel ini karena ketika kami ketik kata di google “pondok tahfidz di Surabaya, pondok tahfidz ini muncul di halaman pertama. Tidak banyak kami ketahui informasinya. Hanya yang kami dengar, pondok tahfidz Luqman al Hakim ini masih satu atap dengan pondok pesantren Hidayatullah.
    Tapi kami akan tetap mengulas. Sedikit informasi, pondok tahfidz Quran di Surabaya ini hanya menerima sedikit santri. Hanya 30 santri perangkatan. Itu sudah SMP dan SMA. Itupun hanya putra. Putri belum ada.
    Sistem sekolah formalnya dalam satu minggu hanya satu hari. Selebihnya hafalan. Dan informasinya, banyak sekali yang berminat memondokkan anaknya di pesantren tahfidz ini. Bahkan banyak pejabat dinas di Surabaya menyekolahkan anaknya di pondok tahfid ini.
    Bicara biaya pendidikan, rupanya cukup mahal. Masuk awal tahun pertama, biayanya sekitar 30 jutaan. Itu sudah termasuk uang gedung dan perlengkapan lainnya. Termasuk fasilitas asrama. Ber Ac, ranjang dan kasur. Lemari satu anak. Serta dispenser. Sangat eksklusif. Sayang gedungnya terkesan agak lama. Cukup mengurangi segala macam eksklusifnya tadi. Silakan jika berminat.
  5. Pondok Pesantren Mahasiswa Ndresmo Surabaya
    Pondok Pesantren Ndresmo ini menerima khusus mahasiswa. Karena lokasinya di dearha Jemursari Surabaya, dominan santrinya adalah mahasiswa Universitas Sunan Ampel Surabaya. Termasuk pesantren lama di Surabaya. Pesantren berjasa memberikan pendampingan ilmu agama bagi mahasiswa di dearahnya. Mengingat makin nyungsepnya moral sosial di Surabaya. Pesantren Ndresmo menjadi pelita.
  6. Pondok Pesantren Ali bin Abi Tholib Sidotopo
    Pondok pesantren Ali bin Abi Thaalib cukup akrab di telinga masyarakat Surabaya. Lokasinya ada di Sidotopo. Sekitar pasa Kapasan dan dekat dengan Masjid Sunan Ampel. Pondok pesantren mahasiswa, namun juga menerima santri sekolah. Sudah memiliki lembaga pendidikan, namun menerima masih terbatas.
  7. Pondok Pesantren Amanatul Ummah Siwalankerto
    Pondok Pesantren Amanatul Ummah ini terkenalnya di Mojokerto. Karena yang terbesar ada disana. Namun siapa sangka, justru pusatnya ada di Surabaya. Yakni di Siwalankerto. Pendirinya KH. Asep Saifudin Chalim, seorang ulama kharismatik di Jawa timur. Memiliki ribuan santri yang ada di Surabaya dan Mojokerto. Ribuan santri suah lulus dari pesantren ini. Bicara prestasi jangan ditanya lagi.
    Lulusan SMA nya banyak yang melanjutkan ke PTN PTS favorit unggulan. Silakan berminat.
  8. Pondok Pesantren Sulaimaniyah Jemursari
    Pondok pesantren Sulaimaniyah ini di internet cukup terkenal. Pesantren ini adalah pesantren yang dimiliki oleh lemaga keagamaan dari Turki. Adab dan Quran menjadi titik fokus pembelajarannya. Pesantren ini tidak hanya ada di Surabaya, namun sudah menyebar dengan cepat di seluruh wilayah Indonesia.
  9. Nomor Sembilan Silakan Comment ya

Leave a Comment